Assalamu'alaikum wr. wb.
selamat pagi sobat mwbers semua, Salam persahabatan smile Dan Selamat Hari Raya Nyepi bagi yang menjalankannya, semoga damai dan sejahtera selalu smile Di pagi hari ini saya akan memberikan info tentang OTG gan, Apakah OTG itu?? Simak info nya di bawah ini gan:


Pengertian OTG
Bagi sebagian pengguna ponsel mungkin istilah ini cukup asing, meskipun pada kenyataannya ini bukanlah sebuah fitur baru. Secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah alat yang memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat baik smatphone / ponsel maupun tablet dengan Flashdisk atau perangkat / media lainnya. Namun perlu diketahui tidak semua perangkat android, java maupun symbian dapat menjalankan fungsi USB OTG.

USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak sebagai host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru .
Singkat kata, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet Agan bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop. Karena fungsinya, maka pantas bila banyak orang yang lebih merasa "bergengsi" memiliki smartphone murah namun memiliki fitur ini, seperti Sony Xperia Mini daripada memiliki LG Optimus Vu yang mahal namun nihil fitur ini.




Manfaat OTG
Fitur USB On The Go memiliki banyak manfaat. Seperti sebagaimana definisi yang disebutkan di atas, secara standar USB On The Go membantu device untuk melakukan pembacaan dan penulisan data seperti flashdisk, card-reader, isi MP3 Player/smartphone lain (merk tertentu dengan modus mass storage) serta pembacaan/pengenalan HID (Human Interface Devices) seperti mouse, keyboard, serta gamepad.
Selain kemampuan standar sebagaimana disebutkan di atas, kemampuan fitur USB On The Go dikembangkan ke arah produktivitas yang ke depannya akan sangat membantu pengolahan data.

Berikut ini daftar ponsel yang mendukung USB OTG:

-Samsung: Galaxy S-II, Galaxy S-III, Galaxy S-IV (varian classic, Zoom, Active), Galaxy S-V, Galaxy Note, Galaxy Note-II, Note-III, Galaxy Note 8.0, Galaxy Note 10.1, Galaxy Note 10.1 2014-Edition, Galaxy Mega 6.3, Galaxy Nexus, Galaxy Nexus 10.1, Galaxy NX, Galaxy Tab 7.0 Plus, Galaxy Tab 8.9, Galaxy Tab 10.1, Galaxy Tab2 7.0 Inch, Galaxy Tab2 10.1 Inch, Galaxy Tab3 8.0 inch, Galaxy Tab3 10.1 Inch, dll

-Sony Ericsson: Xperia Mini, Xperia Mini Pro, Xperia Neo, Xperia Neo V, Xperia Arc, Xperia Arc S, Xperia Play, Xperia Pro, Xperia Ray, Xperia Active, dll

-Sony: Xperia S, Xperia P, Xperia U, Xperia Sola, Xperia Ion, Xperia Go, Xperia Z, Xperia ZL, Xperia Z Ultra, Xperia ZR, Xperia Z1, Xperia T, Xperia TX, Xperia V, Xperia SP, Xperia M (Single and Dual), Xperia Z1, Xperia Z2, dll

-Nokia: N8, E7, X3-02, X2-00, E6, C7, C6-01, 701, X7-00, 603, 6600i, N810, Asha 302, Asha 303, Asha 300, Asha 311, Lumia 820, Lumia 920, dll.

Nah itulah info yang ingin saya sampaikan gan, Alhamdulillah 2 hp Nokia saya bisa support OTG, wlaupun harganya pun murah gk mahal biggrin gimana kalau hp agan?? Jika ingin membeli OTG bisa di konter terdekat di kota agan, biasanya sih harganya sekitar 35 ribuan tapi tergantung daerah masing-masing, kadang ada yang di patok dengan harga yang cukup tinggi. Dan kalau beli jangan lupa di cek/coba dulu apakah OTG support dengan hp agan atau tidak, jadilah konsumen yang cerdas biggrin

Sekian gan info dari saya, semoga bisa bermanfaat dan jika ada kesalahan kata/penulisan saya mohon maaf sebesar-besarnya smile

Wassalamu'alaikum wr. wb.